Rohidin Mersyah

Kini Bengkulu Tak Hijau Lagi, Saatnya Satukan Tekad Halau Covid-19

Posted on 124 views

BENGKULU | CVD-19 Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terus mengimbau seluruh lapisan masyarakatnya tidak perlu takut namun tetap waspada, meningkatkan kedisiplian, menyatukan kekuatan dan kebersamaan menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang kini telah menjadikan Bumi Rafflesia berstatus darurat (zona merah).

Belajar dari negara dan daerah yang telah berhasil menghadapi Covid-19, Rohidin menilai kesuksesan memberangus Virus Wuhan tersebut bukan karena peralatan canggih, juga bukan karena vaksinasi atau obat tersedia lengkap, tapi karena mereka berhasil mengubah prilaku masyarakatnya.

“Maka dari itu saya mengajak kepada kita semua, mari lawan dan cegah penyebaran Covid-19 dengan cara hindari betul berkerumun di tempat umum. Tapi banyaklah berdiam diri di rumah masing-masing. Lakukan cuci tangan sesering mungkin, pakai sabun. Dan pastikan kalau tangan kita tidak dalam kondisi steril, jangan pernah memegang mata, hidung dan mulut,” ajaknya saat berada di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis (2/4/2020).

Upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, bersama Kapolda Bengkulu, Danrem 041/ Gamas Bengkulu, unsur FKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu serta para pihak lainnya, lanjut Gubernur Rohidin telah banyak hal dilakukan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Langkah-langkah strategis dilakukan bersama pihak terkait dalam mengamankan Bumi Rafflesia dari sebaran Covid-19, di antaranya meminta dukungan dan memastikan di pintu-pintu masuk wilayah Bengkulu sudah ada satuan tugas pengamanan berjaga 24 jam.

“Semua personil lengkap untuk kelaksanakan pemeriksaan identitas maupun status kesehatan. Kita mohon dukungan dengan bupati/walikota, hasil data kependudukan itu akan kita sebar dan tolong diawasi sampai ke tingkat desa/kelurahan, RW dan RT dan bersinergi dengan puskesmas setempat,” pintanya.

Selanjutnya, sosialisasi dan edukasi menghadapi Covid-19 juga telah dilakukan secara massiv dan berjenjang, mulai tingkat provinsi dan kabupaten/kota, melibatkan seluruh unsur masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar paham bagaimana upaya pencegahan Covid-19 ini.

Kemudian, jika ada masyarakat yang menunjukkan gejala terinfeksi, Pemprov Bengkulu juga telah menyiapkan tiga RS Rujukan Nasional Utama sebagai tempat perawatan, yaitu RSUD M Yunus Bengkulu, RS Hasanuddin Damrah Bengkulu Selatan dan RS Argamakmur Bengkulu Utara.

Serta lima RS rujukan daerah tambahan, yakni RS Bhayangkara, RSHD Kota Bengkulu, RS DKT TNI, RS Curup dan RSUD Mukomuko.[rn/dr]

top