Video conference di ruang VIP Pola Provinsi Bengkulu
Video conference di ruang VIP Pola Provinsi Bengkulu

Hindari Tumpang-tindih Penanganan, Pemprov Bengkulu Pinta Daerah Cepat Konfirmasi

Posted on 82 views

BENGKULU | CVD-19 Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri pastikan realisasi penggunaan anggaran penanggulangan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) provinsi dan kabupaten/kota untuk perkuat sinergi penanganan pandemi virus corona yang semakin meningkat.

Dalam penguatan tersebut, Sekda menyampaikan dua poin inti dari instruksi atau pesan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebagai perpanjangan Pemerintah Pusat, yakni penanganan pasien Covid-19 merupakan tugas dan tanggung jawab masing-masing daerah itu sendiri.

“Penanganan pasien ini perlu kita tuntaskan bersama agar tidak terjadi tumpang-tindih nantinya dalam hal penanganan. Karena apabila tugas ini tidak kita bagi, maka pasien akan menumpuk di rumah sakit, sehingga kita sulit menanganinya,” ujarnya dalam video conference di ruang VIP Pola Provinsi Bengkulu, Senin (6/4/2020).

Penanganan pasien Covid-19, kata Sekda, sudah dibagi menjadi tiga kategori. Yakni, pasien Covid-19 tingkat ringan sampai sedang akan diambil tindakan isolasi mandiri dan diawasi petugas puskesmas setempat.

Lalu, dalam tindakan melakukan isolasi ke Rumah Sakit (RS) rujukan daerah akan diberlakukan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kondisi ringan sampai sedang. Tindakan isolasi terhadap PDP sedang hingga berat ini akan dilakukan di RS rujukan nasional.

Poin instruksi kedua, lanjut Hamka, adalah perihal anggaran untuk peralatan medis dan bantuan sosial kepada masing-masing daerah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

“Anggaran ini ada dua peruntukan, yakni penanganan Covid-19 dan yang direalokasikan pada Dinas Kesehatan atau RS yang menangani. Anggaran ini digunakan untuk membeli alat-alat medis,” tegasnya.

Pengadaan anggaran ini juga akan digunakan untuk bantuan sosial di masing-masing daerah. Hamka meminta daerah cepat berkonfirmasi agar tidak terjadi tumpang-tindih nantinya.

Sebelumnya, Pemprov Bengkulu telah menetapkan RS rujukan daerah untuk PDP kategori ringan hingga sedang adalah RSUD Mukomuko, RSUD Rejang Lebong, RS DKT, RSU Harapan dan Doa, dan RS Bhayangkara. Sementara RS rujukan nasional kategori PDP sedang hingga berat adalah RSUD M Yunus, RSUD Bengkulu Utara, dan RSUD Hasanudin Damrah Bengkulu Selatan.[gema]

top