Penyemprotan desinfektan di ruangan kantor gubernur bengkulu.
Penyemprotan desinfektan di ruangan kantor gubernur bengkulu.

Halau Corona, Kantor Gubernur dan OPD Provinsi Bengkulu Didesinfeksi

Posted on 245 views

BENGKULU | CVD-19Sekitar 40 ruangan di kompleks Kantor Gubernur Bengkulu didesinfeksi, Senin (23/3/2020). Perlakukan demikian akan dilanjutkan ke seluruh kantor OPD, sebagai salah satu upaya mitigasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan pemerintah daerah setempat.

“Ini sesuai instruksi gubernur, seluruh instansi pemerintahan di Bengkulu meningkatkan kewaspadaan dan mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Akhmad Yuliansyah.

Seluruh ruangan yang paling sering mendapat kunjungan atau ruanga tempat rapat, kata Akhmad, menjadi target prioritas disemprot cairan desinfektan. Seluruh kantor OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu juga akan mendapat perlakukan sama hingga 31 Maret mendatang.

Dinkes juga ditugaskan mengecek kesiapan fasilitas kesehatan, seperti handsanitizer di setiap ruang kantor Setda Provinsi Bengkulu. “Penyemprotan termasuk ruang kerja gubernur. Kami juga cek handsanitizer, sudah tersedia di sini,” ungkapnya.

Kepala Bagian Umum dan Rumah Tangga Biro Umum Setda Provinsi Bengkulu, Subhan Alkossari ,menyambut baik program desinfeksi ini. Menurutnya, upaya ini perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi awal selain menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh masing-masing.

“Ini langkah bagus. Walaupun Bengkulu masih aman, tapi tentu kita perlu waspada menghadapi Covid-19. Lokasi yang sering dilakukan interaksi seperti kantor, penting menjadi perhatian,” tandasnya.

Sementara itu, Kasubbag Protokol Pemprov Bengkulu Hariono mengungkapkan, langkah proteksi menggunakan alat pelindung diri (APD) perlu dilakukan untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh, di samping menerapkan pola hidup sehat.

“Kita perlu menjaga diri agar tetap sehat, serta memproteksi diri dengan menggunakan APD yang aman dan nyaman. Mungkin itu langkah kita mencegah Covid-19,” ungkapnya.[iac]

top