Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito.

Catat! Ini Resiko Gunakan Hand Sanitizer Berlebihan

Posted on 121 views

JAKARTA | CVD-19Mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir adalah salah satu cara paling efektif mencegah penularan virus corona —melalui kontak langsung— dengan benda atau makhluk lain.

Jangan salah kaprah, penggunaan cairan pembunuh mikroorganisme seperti hand sanitizer hanya boleh dilakukan jika mencuci tangan belum bisa dilakukan.

Selain harga hand sanitizer lebih mahal dibanding sabun, para pakar menilai penggunaannya juga beresiko iritasi kulit dan mudah terbakar.

Ketua Tim Pakar Gugur Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, penggunaan cairan antiseptik dalam bentuk hand sanitizer boleh saja dilakukan seperlunya. Namun harus lebih berhati-hati, terutama bagi perokok atau pekerja di dapur, karena cairan ini mengandung bahan mudah terbakar.

“Metode pencegahan melalui rajin mencuci tangan akan lebih maksimal bila diikuti dengan menghindari menyentuh area wajah, yaitu mata, hidung, dan mulut,” jelasnya saat berada di Media Center Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (30/3/2020).

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah memaksimalkan upaya memutus rantai penyebaran dan penularan virus corona sebagai penyebab penyakit covid-19 melalui berbagai langkah, salah satunya adalah mengkampanyekan gerakan cuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir.[agw]

 

Sumber : Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

top