Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau langsung posko tanggap Covid-19 di perbatasan Kabupaten Kaur dengan Provinsi Lampung.
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau langsung posko tanggap Covid-19 di perbatasan Kabupaten Kaur dengan Provinsi Lampung.

Bangun Optimisme Perangi Covid-19, Semua Elemen Diminta Edukasi Masyarakat

Posted on 227 views

KAUR | CVD-19 Perang melawan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus digaungkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) agar setiap daerah saling bersinergi dan optimis menangkal penyebaran pandemi tersebut.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi langkah-langkah pemerintah daerah yang telah membuat beberapa kebijakan taktis, di antaranya mengaktifkan posko terpadu, membentuk gugus tugas, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, serta pengalokasian APBD untuk penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Setelah kita cek ke lapangan, kedua kabupaten (Kaur dan Bengkulu Selatan-red) sudah mengaktifkan posko di setiap perbatasan. Sudah berjalan baik dan terstruktur. Di samping itu, edukasi tentang Covid-19 wajib terus dilakukan agar masyarakat faham dan tidak abai dengan wabah ini,” ungkapnya.

Rohidin menekankan keterlibatan komponen lain seperti Kemenag, MUI, BMA hingga pemerintah desa sangat diperlukan, sehingga semua unsur tersebut dapat satu tekad memerangi penyebaran Covid-19 agar tidak mewabah di tengah masyarakat.

“Kita perlu bangun optimisme dan komitmen yang kuat secara bersama, agar mampu memerangi pandemi Covid-19. Para unsur adat, agama, harus turun ke masyarakat memberikan pemahaman, mengedukasi sesuai imbauan pemerintah dan maklumat Kapolri tentang larangan pengumpulan massa. Jika perlu ajak camat, Koramil, dan Polsek setempat. Semua ini dilakukan untuk kebaikan bersama,” pungkasnya.

Menurut Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi, Covid-19 bukan sesuatu yang menakutkan, yang menakutkan adalah penyebarannya. Untuk itu, dia menggarisbawahi pentingnya kebersamaan, saling bersinergi demi memutus mata rantai penyebaran corona di Provinsi Bengkulu.

Beberapa upaya, lanjut Danlanal, sudah luar biasa dilakukan dalam menghadapi pandemi ini, mulai penyemprotan disinfektan, sosialisasi, edukasi, hingga upaya menjaga perbatasan agar tetap aman dan terpantau aktivitas keluar-masuk masyarakat.

“Di zaman ini, kita harus cerdas memilih berita, karena sekarang berita hoax begitu cepat berkembang. Hindari berita-berita yang membuat cemas masyarakat. Dalam situasi ini kita wajib membuat tenang masyarakat, sehingga situasi tetap berjalan kondusif,” terangnya usai menghadiri rapat terbatas (Ratas) penanganan Covid-19 di rumah dinas Bupati Kaur.

Pada kesempatan ini, Rohidin juga menyampaikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD), rapid test, serta sembako kepada Bupati Bengkulu Selatan dan Bupati Kaur.[dms]

top